NAMA : KURNIAWAN
MATKUL : PENGANTAR MANAJEMEN
BIDANG-BIDANG MANAJEMEN
- Manajemen Aumber
Daya Manusia (MSDM)
Manajemen
sumber daya manusia adalah ilmu dan seni mengatur hubungan dan peranan tenaga
kerja,agar efektif dan efisien membantu terwujudnya tujuan.Hal-hal pokok dalam
MDSM ini adalah perencanaan, pengorganisasian,pengarahan, pengendalian,pengadaan,pengembangan,kompensasi,pengintegrasian,
pemeliharaan,kedisiplinan,dan pemberhentian karyawan.
- Manajemen
permodalan
Dalam
manajemen permodalan,pembahasan lebih dititikberatkan pada bagaimana mengelola
dana suapaya mendapatkan keuntungan yang besar.
- Manajemen
Akuntansi Biaya
Membahas
masalah pemakaian material,supaya efisien dan efektif sehingga pemborosan dapat
dihindarkan seminimal mungkin.
4. Manajemen produksi
Manajemen
produksi merupakan salah satu bagian dari bidang manajemen yang mempunyai peran
dalam mengoordinasikan berbagai kegiatan untuk mencapai tujuan.
Aspek-aspek
manajemen produksi meliputi:
a.
Perencana produksi
Bertujuan agar dilakukanya
persiapan yang sistematis bagi produksi yang akan dijalankan. Keputusan yang
harus dihadapi dalam perencanaan produksi:
·
Jenis barang yang
diproduksi
·
Kualitas barang
·
Jumlah barang
·
Bahan baku
b.
Pengendalian produksi
Bartujuan
agar mencapai hasil yang maksimal demi biaya seoptimal mungkin. Adapun kegiatan
yang dilakukan antara lain:
·
Menyusun perencanaan.
·
Membuat penjadwalan kerja.
·
Menentukan kepada siapa barang akan
dipasarkan.
c. Pengawasan
produksi
Bertujuan
agar pelaksanaan kegiatan dapat berjalan sesuai dengan rencana. Kegiatanya
meliputi :
a) Menetapkan kualitas.
b) Menetapkan standar barang.
c) Pelaksanaan prouksi yang tepat waktu.
- Manajemen
Pemasaran
Suatu
rencana kegiatan yang akan dilakukan oleh manajer pemasaran, perencanaan ini
meliputi perencanaan harga, menentukan
harga, promosi dan disribusi yang bertujuan meningkatkan volume penjualan.
Adapun kegiatan yang dilakukan adalah : Mengidentifkasi dan merencanakan produk
barang yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen, menentukan harga barang, menentukan promosi yang palina efektif,menentukan cara yang paling efektif untuk
memproduksi barang.
Kegiatan
inti pemasaran:
1. Produk, menentukan kebijakan dalam perencanaan, pengolahan, dan
pengembangan produk
2. Harga, menentukan harga dasar
dari barang.
3. Promosi, alat yang digunakan
untuk memperkenalkan prduk kepada konsumen.
4. Penempatkan, memilih perantara
yang akan digunakan dalam distribusi.
a. Fungsi pemasaran :
1. Penjualan
2. Pembelian
3. Pengangkutan
4. Pembelanjaan
5. Pertanggungan risiko
6. Standarisasi dan grading
7. Informasi pasar
b. Kegiatan manajemen pemasaran
1. Riset pasar
2. Segmentasi pasar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar