PENGANTAR MANAJEMEN

       NAMA     : KURNIAWAN
       MATKUL : PENGANTAR MANAJEMEN

BIDANG-BIDANG MANAJEMEN
  1. Manajemen Aumber Daya Manusia (MSDM)
Manajemen sumber daya manusia adalah ilmu dan seni mengatur hubungan dan peranan tenaga kerja,agar efektif dan efisien membantu terwujudnya tujuan.Hal-hal pokok dalam MDSM ini adalah perencanaan, pengorganisasian,pengarahan, pengendalian,pengadaan,pengembangan,kompensasi,pengintegrasian, pemeliharaan,kedisiplinan,dan pemberhentian karyawan.
  1. Manajemen permodalan
Dalam manajemen permodalan,pembahasan lebih dititikberatkan pada bagaimana mengelola dana suapaya mendapatkan keuntungan yang besar.
  1. Manajemen Akuntansi Biaya
Membahas masalah pemakaian material,supaya efisien dan efektif sehingga pemborosan dapat dihindarkan seminimal mungkin.
4.      Manajemen produksi
Manajemen produksi merupakan salah satu bagian dari bidang manajemen yang mempunyai peran dalam mengoordinasikan berbagai kegiatan untuk mencapai tujuan.
Aspek-aspek manajemen produksi meliputi:
a.      Perencana produksi
Bertujuan agar dilakukanya persiapan yang sistematis bagi produksi yang akan dijalankan. Keputusan yang harus dihadapi dalam perencanaan produksi:
·         Jenis barang yang diproduksi
·         Kualitas barang
·         Jumlah barang
·         Bahan baku
b.      Pengendalian produksi
Bartujuan agar mencapai hasil yang maksimal demi biaya seoptimal mungkin. Adapun kegiatan yang dilakukan antara lain:
·         Menyusun perencanaan.
·          Membuat penjadwalan kerja.
·          Menentukan kepada siapa barang akan dipasarkan.
c.       Pengawasan produksi
Bertujuan agar pelaksanaan kegiatan dapat berjalan sesuai dengan rencana. Kegiatanya meliputi :
a)      Menetapkan kualitas.
b)      Menetapkan standar barang.
c)      Pelaksanaan prouksi yang tepat waktu.
  1. Manajemen Pemasaran
Suatu rencana kegiatan yang akan dilakukan oleh manajer pemasaran, perencanaan ini meliputi  perencanaan harga, menentukan harga, promosi dan disribusi yang bertujuan meningkatkan volume penjualan. Adapun kegiatan yang dilakukan adalah : Mengidentifkasi dan merencanakan produk barang yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen, menentukan harga barang, menentukan promosi yang palina efektif,menentukan cara yang paling efektif untuk memproduksi barang.
Kegiatan inti pemasaran:
1.      Produk, menentukan kebijakan dalam perencanaan, pengolahan, dan pengembangan produk
2.       Harga, menentukan harga dasar dari barang.
3.       Promosi, alat yang digunakan untuk memperkenalkan prduk kepada konsumen.
4.       Penempatkan, memilih perantara yang akan digunakan dalam distribusi.
a.      Fungsi pemasaran :
1.      Penjualan
2.       Pembelian
3.       Pengangkutan
4.       Pembelanjaan
5.       Pertanggungan risiko
6.       Standarisasi dan grading
7.       Informasi pasar
b.      Kegiatan manajemen pemasaran
1.       Riset pasar

2.       Segmentasi pasar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar