Minggu, 20 Desember 2015

Tujuan Manajemen

NAMA      : KURNIAWAN
MATKUL :PENGANTAR  MANAJEMEN

TUJUAN MANAJEMEN

A.      TUJUAN MANAJEMEN
Pada dasarnya setiap aktivitas atau kegiatan selalu mempunyai tujuan yang ingin di capai. Tujuan individu adalah untuk dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhannya berupa materi dan nonmateri dari hasil kerjanya.  Tujuan organisasi adalah mendapatkan laba (business organization) atau pelayanan/pengbdian (public organization) melalui proses manajemen itu.
Apakah pengertian tujuan (objectives) sama engan sasaran  (goals)? Pengertian antar  tujuan ( objectives) Dengan sasaran (goals) mempunyai perbedaan yang gradual saja. Tujuan maknanya hasil yang umum  (generalis), sedangkan sasaran berarti hasil khusus (spesialis). Tujuan adalah sesuatu hasil (generalis) yang ingin dicapai melalui proses manajemen  (penulis). Tujuan adalah  hasil yang di inginkan melukiskan skop yang jelas,  serta memberikan arah kepada  usaha-usaha seorang manajer (G.R Terry). Jadi mencakup empat pokok, yaitu: 1.tujuan 2. Skop 3. Kepastian; dan 4. Arah.


Sasaran( goals) adalah sesuatu hasil (khusus) yang ingin dicapai melalui proses  manajemen (penulis).Misalnya, pertandingan bola kaki, jika hanya ingin menang (sasaran= goals) ini dapat di capai seperti main kasar, tidak sportif, dan menghalalkan segala cara. Tetapi jika tujuan (objectives) menang yang ingin di capai,  kemenangan ini di peroleh dengan bermain sportif dan cantik sehingga memuaskan para penontonnya. Jadi tujuan tercapai , dan para penonton (konsumen) merasa puas.
Dalam menetapkan tujuan ini harus di dasarkan pada analisis ‘’data, informasi, dan potensi’’ yang di miliki serta memilihnya dari alternative-alternatif yang ada. Tujuan organisasi dapat di ketahui dalam anggaran dasar (AD) dan anggaran rumah tangga (ART)-nya.
Tujuan –tujuan ini dapat kita kaji dari beberapa sudut dan dibedakan sebagai berikut.
1.       Menurut tipe-tipenya, tujuan di bagi atas:
a.       profit objectives, adalah  bertujuan untuk  mendapatkan laba bagi pemiliknya.
b.      Service objectives, adalah bertujuan untuk memberikan suatu pelayanan yang baik bagi konsumen dengan mempertinggi nilai barang  dan jasa yang di tawarkan kepada konsumen.
c.       Socialn objectives, adalah bertujuan untuk meningkatkan nilai guna yang diciptakan perusahaan untuk kesejahteraan masyarakat.
d.      Personal objectives, adalah bertujuan agar para karyawan secara individual economic, social, psychological mendapat kepuasan di bidang pekerjaannya dalam perusahaan.


Menurut prioritasnya, tujuan dibagi atas:
                Tujuan primer, adalah tujuan sekunder, tujuan individual dan tujuan social.
2.       Menurut jangka waktunya, tujuan di bagi atas:
a.        tujuan jangka panjang, tujuan jangka menengah dan tujuan jangka pendek.
  4.   Menurut siapatnya, tujuan dibagi atas:
a.       Management objectives, adalah tujuan dari segi efektip yang harus di timbulkan oleh menejer.
b.      Managerial objectives, adalah tujuan yang harus dicapai daya upaya atau kreativitas-krativitas yang bersifat manajerial.
c.       Administrative objectives, adalah tujuan tujuan yang pencapaiannya memerlukan administrasi.
d.      Economis objectives ,adalah sebagai tujuan-tujaun yang bermaksud memenuhi kebutuhan-kebutuhan dan memerlukan efisiensi untuk pencapaiannya.
e.       Social objectives, adalah  tujuan suatu tanggung  jawab, terutama tanggung  jawab moral.
f.        Technical objectives, adalah tujuan berupa detail teknis, detail kerja, dan detail karya.
g.       Work objectives, adalah tujuan-tujuan yang merupakan kondisi kerampungan suatu pekerjaan.
    5.   Menurut tingkatnya, tujuan di bagi atas:
a.       Overallenterprise objectives, adalah tujuan semesta (generalis) yang harus dicapai oleh badan usaha secara keseluruhan.
b.      Divisional objectives, tujuan yang harus di capai oleh setiap divisi.
c.       Devartemental objectives, adalah tujuan-tujuan  yang harus di cantum oleh masing-masing bagian.
    6.   Menurut bidangnya tujuan di bagi atas;
a.       Top level objectives, adalah tujuan-tujuan umum, menyeluruh, dan menyangkut berbagai bidang sekaligus.
b.      Finance objectives, adalah tujuan-tujuan tentang modal.
c.       Production objectives, adalah tujuan-tujuan tentang produksi.
d.       Marketing objectives, adalah tujuan-tujuan mengenai bidang pemasaran barang dan jasa-jasa.
e.      Offic objectives, adalah tujuan-tujuan mengenai bidang ketatausahaan dan administrasinya.
  
 7.  Menurut motifnya, tujuan dibagi atas:
a.       Public objectives, adalah tuan-tujuan yang harus dicapai berdasarkan ketentuan-ketentuan undang-
undang Negara.
b.      Organization objectives, adalah tujuan-tujuan yang harus di capai berdasarkan ketentuan-ketentuan Anggaran Dasar, Anggaran Rumah Tangga, dan statuta organisasi yang bersifat zakelijk  dan impersonal (tidak boleh berdasarkan pertimbangan perasaan atau selera pribadi) dalam upaya pencapaiannya.
c.       Personal objectives, adalah tujuan pribadi,individual (walaupun mungkin berhubungan dengan organisasi) yang dalam usaha pencapaiannya sangat dipengaruhi oleh selera ataupun pandangan pribadi.

Bagaimana cara menetapkan tujuan yang baik?
Untuk melakukan tujuan yang baik, dilakukan dengan cara:
1.       Tujuan tujuan harus jelas dan ditetapkan berdasarkan hasil analisis data, informasi,dan potensi yang dimiliki.
2.       Tujuan- tujuan harus ditetapkan manajer  dan minta partisipasi karyawan pelaksana  dalam proses penetapan tujuan,  sehingga mereka  antusias untuk mencapai tujuantersebut.
3.       Setiap tujuan dalam suatu perusahaan harus membantu keseluruhan tujuan perusahaan, jadi harus saling menunjang keseluruhannya.
4.       Tujuan-tujuan harus bersipat kontemporer dan inovativ  serta di tetapkan uf to date.
5.       Tujuan-tujuan harus berimbang. Aneka macam tujuan hendaknya tidak terlampau menekankan kepentingantertentu.
Misalnya: tujuan untuk memberikan pelayanan yang baik dan memuakan tetapi jangan sampai merugikan tujuan untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar