FILSAFAT DAN ASAS-ASAS MANAJEMEN

FILSAFAT DAN ASAS-ASAS MANAJEMEN
1.      Filsafat Manajemen
Filsafat manajemen adalah kerjasama  saling menguntungkan, bekerja efektif dan dengan metode kerja yang terbaik untuk mencapai hasil yang optimal.
Manfaat filsafat manajemen
1.      Memberikan suatu dasar dan pedoman bagi pekerjaan manajer.
2.      Memberikan kepercayaan dan pegangan bagi manajer dalam proses manajemen untuk mencapai tujuan.
3.      Memberikan dasar dan pedoman berpikir efektif bagi manajer :
a.       Proses berpikir dengan mudah dan dapat diorientasikan;
b.      Tekanan diletakan atas keseluruhan (general), bukan pada bagian individual yang dipilih.
4.      Dapat dipergunakan untuk mendapatkan sokongan dan partisipasi para bawahan, jika mereka mengetahui peranan manajer dan mengerti tindakan-tindakannya, asalkan mereka telah menghayati filsafat manajemen.
5.      Memberikan pedoman arah pemecahan yang terbaik terhadap masalah-masalah yang dihadapi manajer.
6.      Menjadi pedoman dasar dan kepercayaan  bagi manajer dalam melakukan wewenang dan kepemimpinannya.

Penerapan Filsafat Manajemen
1.      Filsafat yang berbeda-beda berkembang, karena itu manajemen diterapkan dalam keadaan yang berbeda-beda.
2.      Perbedaan personalitas setiap manajer
3.      Perbedaan dalam hal penilaian penerapan manusia.

Sifat-sifat yang harus dimiliki oleh manajer, adalah:
1.      Jasmani harus sehat, giat, dan tangkas
2.      Mental, sanggup memahami dan belajar, sanggup memulai, tangkas berfikir, dan sanggup menyesuaikan diri
3.      Moral harus tegas, bertanggung  jawab, inisiatif setia, bijaksana, dan berkepribadian
4.      Edukasi, yaitu latar belakang pendidikan yang luas baik pengetahuan umum maupun pengetahuan khusus yang sesuai dengan fungsinya
5.      Pengalaman yang utama menyangkut berbagai bidang kegiatan seperti tersebut diatas.

Perintis ilmu manajemen
       Perintis ilmu manajeman terdiri dari beberapa orang dan berasal dari berbagai negara, seperti: FredericWinslow Taylor, Henry Fayol, Babbage, dan Alexei Stakhanov.




2.      Asas-Asas Manajemen

Asas (prinsip)merupakan suatu pernyataan fundamental akan kebenaran umum yang dapat dijadikan pedoman pemikiran dan tindakan. Asas-asas muncul  dari hasil penelitian dan pengalaman. Asas bukanlah hukum atau dogma, tetapi hanya sebagai hipotesis yang harus diterapkan secara fleksibel, praktis, relavan, dan konsisten.
Asas-asas umum manajemen
Asas-asas umum manajemen (general principles of manajemen), menurut:
Henry Fayol
a.       Division of work (asas pembagian kerja)
b.      Authority and responsibility (asas wewenag dan tanggung jawab)
c.       Dicipline (asas disiplin)
d.      Unity of command (asas ketentua dan perintah)
e.       Unity of direction (asas kesatuan jurusan atau arah)
f.       Subordination of individual interes into general interes (asas kepentingan umum diatas kepentingan pribadi)
g.      Renumeration of personnel (asas pembagian yang wajar)
h.      Centralization (asas pemusatan wewenang)
i.        Scalar of chain (asas hierarki atau asas rantai berkala).
j.        Order (asas keteraturan).
k.      Equity (asas keadalan).
l.        Initiative (asas inisiatif).
m.    Esprit de corps (asas kesatuan).

n.      Stability of turn-ove personnel (asas kestabilan masa jabatan).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar